Psikotes deret matematika yang sulit

Dalam suatu sesi psikotes, tak jarang para peserta dihadapkan pada tes penalaran logika numerik yang diberikan guna mengetahui seberapa jauh kemampuan seseorang dalam hal berhitung dengan tepat dalam tempo yang dibatasi. Sementara jangkauan dari tes numerik ini dapat meliputi perhitungan, perkiraan, interpretasi data serta logika matematika. Dalam menghadapi ujian tes psikotes deret matematika yang sulit seperti ini, tak jarang peserta putus asa mengerjakan baris dan deret angka panjang dalam waktu yang sedikit.

Jika mengetahui nama tipe soalnya, psikotes jenis ini meliputi sejumlah deret angka. Dengan tujuan utama dari tes ini untuk mengukur kemampuan menganalisa untuk memahami bentuk pola. Kiat untuk menyelesaikan tes logika deret ini antara lain;

  • Untuk mengelola waktu pengerjaan soal, ada baiknya Anda membawa dan menggunakan stopwatch
  • Selalu perhitungkan jumlah waktu terlama yang dialokasikan tiap soal dan jangan banyak menawar
  • Apabila Anda mengikuti sesi tes online, sediakan kertas bekas atau kertas buram
  • Kerjakan soal-soal yang ada dengan cepat namun tetap berhati-hati, karena tak jarang pilihan jawaban yang ada merupakan distractor atau pengecoh.
  • Apabila Anda masih belum hafal rumus matematika, sebaiknya segera berlatih sedini mungkin
  • Biasakan Anda dengan soal-soal berisi angka tersebut

Pada intinya Anda sebaiknya tak hanya terfokus pada deret ukur ataupun deret hitung awal yang ada dalam soal. Anda perlu menyimak seluruh angka yang ada. Ini karena dalam soal tes ini, melihat 4 atau 5 angka belum cukup kuat untuk menghasilkan suatu jawaban yang tepat.

Umumnya, pola yang dipakai pada soal tes deret angka ini adalah urutan, kelompok urut maupun kelompok loncat. Walaupun Anda yakin masih fokus untuk mengerjakan soal, Anda juga harus menyadari  bahwa waktu yang digunakan untuk menjawab sangatlah terbatas.

Waktu bisa saja sangat menekan dan memicu stres kepada peserta hingga mereka mengerjakan soal sesegera mungkin. Mayoritas tes online didesain khusus untuk dikerjakan dalam durasi yang sudah dialokasikan. Sementara tes tertulis, biasanya dirancang untuk tidak dapat diselesaikan sesuai batas waktu normal. Inilah beberapa tips dan hal yang perlu Anda perhatikan sebelum berurusan dengan angka-angka dalam psikotes.

Related posts: